Wabup Konawe Paparkan Konsep Konawe Gemilang di Depan Dirjen Tata Ruang

Redaksi

JAKARTA – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara memaparkan konsep ‘Konawe Gemilang’ di hadapan Dirjen Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Abdul Kamarzuki, Selasa 18 Februari 2020.

Pemaparan itu digelar dalam kegiatan rapat koordinasi lintas sektor di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, dalam rangka Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Perkotaan Unaaha.

Konsep Konawe Gemilang kata Gusli, bertumpu pada ketahanan pangan. Meski Konawe menurutnya, merupakan daerah di Sultra dengan industri pertambangan terbesar.

“Tetapi kami tetap bertumpu kepada ketahanan pangan,” ungkapnya.

Alasan wakil dari Kery Saiful Konggoasa itu, ia mengutip pernyataan peneliti negara barat, suatu peradaban akan runtuh jika mereka tidak memiliki ketahanan pangan.

iklan KAPOLDA MASKER

Ia juga ingin Kabupaten Konawe menjadi contoh dan pelopor daerah yang kembali kepada kekuatan lokal, yakni ketahanan pangan.

Untuk itulah, konsep Unaaha, Ibukota Kabupaten Konawe yakni menjadi kota di tengah sawah. Hal itu juga akan menjadi satu-satunya di Indonesia.

Pembangunan Konawe lanjut pria berkacamata itu, juga ingin menjadikan Unaaha yang kini surplus di bidang industri, sebagai wilayah yang ramah terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM), sehingga harus ada penguatan agro industri.

Dalam kegiatan yang sama, sempat disinggung persoalan sengketa Pulau Bokori di Kecamatan Soropia yagn diklaim Pemkot Kendari. Namun kesimpulan rapat koordinasi, dikembalikan ke Kabupaten Konawe. (Adv)

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara berjabat tangan komando dengan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir. Ist
iklan KAPOLDA HARI KESEHATAN DAN BIDAN

Video

BERITA TERKINI

METRO KENDARI

BERITA TERKINI

KOLAKA RAYA

BERITA TERKINI

SOSOK

KONAWE RAYA

TAJUK

Satu dari 16 Perempuan Alami Seks Pertama Kali Karena Diperkosa

INTERNASIONAL - Bagi lebih dari 3,3 juta anak perempuan dan perempuan di Amerika, hubungan seks untuk pertama

BERITA TERKINI

BUTON RAYA

PERISITIWA

BERITA TERKINI