oleh

Selamatkan Hak Pilih Warga, KPUD Konawe Sosialisasikan GMHP

UNAAH -Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) Gencar mensosialisasikan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), di beberapa titik tertentu seperti Kampus, Perkantoran, Pusat Perbelanjaan, Sekolah dan tempat-tempat lainnya. Kegiatan itu, selain melindungi hak pilih warga, GMHP digelar untuk memastikan warga pemilih di daerah itu sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

Ketua KPUD Konawe, Muhamad Azwar mengatakan, sosialisasi tentang GMHP agar seluruh warga yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih maupun terdaftar dalam DPT sudah bisa menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2019.

“Diharapkan seluruh elemen bisa membantu sosialisasi kegiatan ini. Sehingga, tidak ada lagi pemilih yang tidak terdaftar di Pemilu 2019. Dan kegiatan ini dilaksanakan secara nasional dan serentak,” katanya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya yang dibagi beberapa Tim melakukan grebek wajib pilih dor to door dibeberapa titik seperti, Pasar, Sekolah, Kampus, Kantor Pemerintaha dan di Kecamatan yang merupakan daerah titik identifikasi pemilih terbanyak. Dikatakannya, dalam melaksanakan sosialisasi GMHP pihaknya memperkenalkan aplikasi cek data pemilih melalui www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau download aplikasi mobile KPU RI Pemilu 2019.

Sementara itu, salah satu anggota Komisioner KPUD, Andang Masnur yang ditemui di Lokasi Sosialisasi, mengatakan, sosialisasi sadar pemilu dan simulasi program GMHP tersebut merupakan program nasional dari KPU RI untuk memastikan apakah masyarakat sudah tercatat sebagai daftar pemilih tetap atau belum.

“Hari ini kami sosialisasi GMHP di beberapa kampus khususnya di kabupaten konawe untuk memastikan apakah mereka terdaftar di DPT atau tidak, melalui pengecekan langsung nomor induk kependudukan masyarakat dengan menggunakan aplikasi GPHP” Ungkap, Rabu (10/17/2018) di Kampus Akademi Kebidanan (Akbid) Konawe.

Andang menambahkan, sosialiasi GMHP tersebut pihaknya akan intens melakukan sosialisasi baik di Kampus maupun tingkat kecamatan hingga tanggal 28 oktober mendatang.

“Sosialisasi GMHP ini bukan hari ini saja disosialisasikan, akan tetapi hingga tanggal 28 oktober 2018 mendatang. Mengingat masih banyak warga yang kami temukan belum terdaftar sebagai pemilih tetap,” ucap Ketua Divisi partisivasi masyarakat dan SDM KPUD Konawe itu.(b)

Reporter: Andri Kokong


Terkini