oleh

Sejumlah Wilayah di Konawe Terendam Banjir, BPBD Tetapkan Siaga Satu

-KESEHATAN, KONAWE-156 dibaca

UNAAHA – Sejumlah wilayah di Kabupaten Konawe(Konawe), Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir akibat intesitas curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini. Banjir pun dengan ketinggian setinggi lutut orang dewasa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe dalam pantauannya menemukan beberapa titik yang terkena banjir akibat genangan air, namun dari genangan air tersebut tidak berdampak pada korban jiwa.

Dalam rilisnya menyebutkan Daerah- daerah yang terkena banjir, seperti Kecamatan Sampara, Pondidaha, Amonggedo dan Kecamatan Unaaha. Kemudian Kecamatan Amonggedo,belasan rumah yang berada tiga desa yakni, Desa Dunggua, Desa Amonggedo dan Desa Wonua terendam luapan air sungai dengan ketinggian 20 hingga 30 cm. Rata-rata rumah yang terendam berada di pinggiran sungai.

“Akses jalanpun ikut terdampak, beberapa ruas jalan terendam.saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap jumlah pasti warga yang terkena banjir dengan ketinggian setinggi lutut orang dewas,” urai, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Dedet Ilnari Yusta, Kamis (14/5/2017).

Dengan adanya banjir yang merendam beberapa titik di wilayah konawe. Hal inilah yang membuat BPBD) Konawe telah menetapkan siaga satu. Penetapan ini setidaknya agar warga lebih meningkatkan kewaspadaan apalagi sungai-sungai yang berada di tiga desa ini volume airnya masih meningkat.

“Kami masih terus memantau perkembangan situasi ini. Sejauh ini belum ada warga yang mengungsi,” kata Dedet.

Sejauh ini,lanjut Dedet, BPBD Konawe sendiri masih terus melakukan patroli dibeberapa wilayah yang rawan terjadinya banjir,” kami menghimbau, agar warga selalu siap dengan kemungkinan yang bisa saja terjadi dan selalu mengikuti instruksi tim keselamatan,” imbunya

Dikatakannya, soal logistik, Dedet mengaku masih dalam koordinasi dengan provinsi dan akan disalurkan secepatnya. Saat ini tim BPBD masih dilapangan untuk memberikan informasi lanjutan,” kami masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak,”jelasnya (ks/red)

Terkini