oleh

Puncak HBA, Kajari Konawe Ungkap Pidum Jadi Perkara Paling Dominan

-KONAWE-35 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili

UNAAHA – Peringati Hari Bakti Adhyaksa (HBA) ke -60, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Konawe dilakukan serentak secara virtual di seluruh Indonesia. Dalam acara virtual itu, di pimpin langsung oleh Kejagung RI di Jakarta.

Usai melakukan upacara virtual, Kajari Konawe Irwanuddin Tadjuddin yang di temui di kantornya mengatakan dalam memperingati HBA yang ke -60 pihaknya telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti kerja bakti, pekan olahraga di internal kejaksaan, maupun berbagi sembako kepada warga yang terdampak banjir di kecamatan lambuya Desa Watarema.

“Puncaknya hari ini, upacara HBA di lakukan dengan cara virtual serentak di seluruh Indonesia yang di pimpin oleh Kejagung RI di Jakarta,” katanya di Kantor Kejari di Unaaha Rabu 22 Juli 2020.

Ia menjelaskan untuk kedepannya dalam rangka penegakan hukum di wilayah Konawe, untuk perkara tindak pidana umum (Pidum) terjadi peningkatan yang sangat signifikan atau jadi perkara paling dominan dengan banyaknya kasus yang sedang ditangani.

“Baik perkara yang datang dari Polres Konawe, Polres Konut dan Polres Kendari yang memasuki wilayah hukum dari Konawe Kepulauan,” bebernya.

Menurutnya, ada beberapa perkara yang menjadi perhatian publik, seperti perkara tambang yang di tangani Mabes Polri. Saat ini kata dia, perkara tersebut sudah sidangkan di Pengadilan Negeri untuk dilakukan penuntutan dan sudah dalam tahap pemeriksaan saksi – saksi.

Untuk perkara lainnya, Irwanuddin menuturkan berdasarkan laporan dari sejumlah masyarakat sudah ditindak lanjuti, baik itu dari Konut, Konawe kepulauan dan juga Konawe itu sendiri.

“Mungkin pada saat ini, tidak mungkin saya sampaikan. Yang pastinya penegakan hukum di kejaksaan negeri Konawe harus tetap berjalan. Seperti yang kita lihat masyarakat menginginkan penegakan supremasi hukum,” tukasnya.

Ia juga mengungkapkan sejumlah daerah yang masuk dalam wilayah hukum Kejari Konawe bakal melaksanakan pesta demokrasi. Ia mengaku akan memantau setiap tahapan yang sedang berjalan saat ini.

“Seperti pesta demokrasi pemilhan kepala daerah di konawe Utara dan Konawe kepulauan, kami bakal pantau dan berkoordinasi terkait tahapan tahapan yang sudah terjadwal dari komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten masing masing,” tutupnya.

Terkini