oleh

PT VDNI dan PT OSS Segera Proses Penerimaan 595 Karyawan yang Dibutuhkan

-KONAWE-126 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili

UNAAHA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe gelar konfrensi pers terkait kebutuhan mendesak karyawan oleh dua perusahaan raksasa di Morosi. Sebelumnya, Nota kesepahaman antara Pemkab Konawe dan kedua perusahaan, PT VDNI-OSS sudah berjalan, sejak 6 Juli 2020 lalu dan secara resmi Pemkab Konawe membuka pendaftaran tenaga kerja lokal (TKL) 13 Juli 2020.

Pemkab Konawe melalui Kabag Humas dan Protokol, Sukri Nur mengatakan proses pendaftaran yang dipusatkan di Gedung Wekoila oleh Pemkab Konawe hinggga saat ini, sudah sebanyak 1366 pendaftar yang memasukan lamaran kerjanya. Sedangkan kebutuhan tenaga kerja kedua perusahaan hanya sebanyak 595 tenaga saja yang terbagi dalam karyawan kategori skill dan non skill.

“Saat ini kedua perusahaan sangat mendesak, butuhkan tenaga kerja 595 berkas untuk di proses, di karenakan tungku pemurnian nickel sudah mulai tahap pembangunan,” terangnya.

Untuk saat ini, kata Sukri Nur, sejak di bukanya pendaftaran secara resmi oleh Pemkab Konawe, zona 1 yang terbagi di tiga kecamatan masih minim pendaftar. Sehingga Pemkab Konawe berharap agar masyarakat yang di tiga Kecamatan ini segera mendaftar.

“Zona satu, kecamatan Bondoala, Morosi dan Kapoila baru 50 pendaftar. Namun kami juga akan koordinasi dengan pemerintah kecamatan supaya menyampaikan kepada masyarakat supaya segera mendaftar sesuai dengan syarat syarat yang dipersyaratkan oleh kedua perusahaan sebelum berakhir masa pendaftaran 28 Juli 2020 mendatang,” urainya.

Ia menyebut, untuk pendaftar di zona dua sebanyak 353 pelamar, zona tiga sebanyak 577 pelamar, zona empat 298 pelamar dan zona lima, enam dan tujuh baru 90 pelamar.

“Dan kemungkinan minggu ini yang zona 7 baru berdatangan untuk mendaftar. Paling senin, selasa, rabu mereka datang. Karena perjalanan dari sana cukup jauh,” bebernya.

Sedangkan untuk zona tujuh kesulitan kedua, kata dia, masyarakat harus melakukan rapid test sebelum meninggalkan daerah masing masing.

“Kami harapkan agar masyarakat dari zona 1 sampai 7 untuk segera daftarkan diri sebelum batas tanggal penutupan pendaftaran,” pintanya.

Ia menambahkan panitia penerimaan berkas TKL dalam waktu singkat akan segera memproses berkas dari total pendaftar 1366 orang, di mana saat ini perusahaan meminta 595 orang untuk segera di proses berkasnya. Agar selanjutnya untuk segera dilakukan pengetesan karena pekerjaan sementara akan berjalan.

Berikut daftar kuota karyawan yang di butuhkan Oleh Kedua Perusahaan.
PT. OSS :

  1. Operator Excavator 30 orang
  2. Operator Loader 30 orang
  3. Driver Trailler 30 orang
  4. Crew Smelter 150 orang
  5. Crew Umum PLTU 20 orang
  6. Crew Umum Safety 10 orang
  7. Mechanical power branc 10 orang
  8. Crew Drying Plant 120
  9. Crew Umum Energy Factory 15 orang
  10. Driver Dump Truck 80 orang

PT. VDNI:

  1. Crew Smelter 88 orang
  2. Crew Terpalman 9 orang
  3. Crew Timbangan 3 orang. (b).

Terkini