Proyek Rehabilitasi DAK di Konawe Capai 95 Persen

Reporter: Muh. Ardiansyah R
Editor: La Ode Adnan Irham
KONAWE
– 179 Pembangunan gedung sekolah di Wilayah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencapai 95 persen ditahap ketiga pencairanDana Alokasi Khusus (DAK).

Anggaran pembangunan sekolah dimaksud, capai lebih dari Rp. 62 Miliar, terdiri dari empat gedung Taman Kanak-Kanak (TK), 143 gedung Sekolah Dasar (SD), 31 gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 1 SKB.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe, Tira Liambo mengatakan, pembangunan sekolah melalui DAK sudah 95 persen.

“Masih ada beberapa sisa sekolah yang belum rampung 100 persen diantaranya SD Tumpas, semua itu berjenjang ada yang kecil, sedang dan yang besar,” ucap Tira saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (14/1/2019).

Katanya, dari belum tuntasnya pembangunan, masih terdapat kepala sekolah yang tidak berlangganan dengan penyedian bahan material.

“Setelah kami telusuri pertama terkait bahan, penyebabnya apa, ternyata masih banyak kepala sekolah tidak berlanganan, jadi posisinya ketika mereka kontan di toko A tapi pada saat mengutang di toko B. Sehingga mereka terkendala,” katanya.

Tira berharap, dari anggaran DAK tahap ke tiga betul-betul digunakan dengan baik, sehingga pembangunan di Kabupaten Konawe dapat terselesaikan.

“Apapun modelnya yang belum selesai harus diselesaikan, dari segi anggaran supaya betul-betul digunakan dengan baik, yang kedepannya pembangunan di Konawe semua rata,” harapnya.