oleh

Pemkab Konawe Raih Kinerja Tinggi Dari Kemendagri

-KONAWE-383 dibaca

Reporter : Muh. Ardiansyah Rahman

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe meraih prestasi kinerja tinggi diantara 17 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Atas hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2020 oleh Kemendagri terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2019.

Menurut data, Kabupaten Konawe meraih 3.7904 skor diatas Kabupaten Konawe Utara yang meraih skor 3.5599 dan Kabupaten Konawe Selatan yang meraih 3.4869 skor.

Ada enam urusan pemerintahan yang menjadi penilaian seperti pendidikan, kesehatan, PUPR, pertanian, pariwisata hingga urusan penanganan kemiskinan. Dari enam indikator tersebut, dirinci lagi lebih detail menjadi ratusan indokator kinerja daerah yang menjadi poin penilaian.

Evaluasi sendiri untuk mengukur tingkat keberhasilan Pemda dalam penerapan prinsip otonomi daerah dan penyelenggaraan urusan pemerintahan.

“Kita urutan satu di Sultra, ini harus kita pertahankan terus, karena ini kepercayaan kita. Kalau mau dapat tambahan insentif dari pusat kita memang harus bisa buat prestasi,” ucap Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK), Kamis 14 Januari 2020.

Ia pun mengapresiasi kinerja aparatnya yang berhasil menyajikan LPPD dengan baik, dengan kondisi tata kelola keuangan dan pemerintah yang sangat dinamis akibat beberapa kondisi.

Dalam mempersiapkan LPPD, Kery sampai turun tangan menjadi pengarah, khususnya soal penganggaran di lingkup instansi. Hal ini dilakukan, kata dia, karena pola penganggaran tidak lagi seperti tahun sebelumnya yang kini sangat ketat.

Terkini