oleh

Pemkab Konawe Imbau Kurangi Penggunaan Plastik

Reporter: Muh. Ardiansyah R
Editor: La Ode Adnan Irham

KONAWE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe mengimbau warga mengurangi penggunaan plastik, untuk mencegah kerusakan lingkungan.

Kepala DLH Konawe, Ilham Jaya mengatakan, tahun ini penanganan sampah plastik menjadi atensi serius Pemkab Konawe yang tengah gencar mensosialisasikan pengurangan sampah plastik kepada masyarakat, tanpa terkecuali Aparatur Sipil Negara (ASN).

Salah satu langkah konkritnya, mengurangi penggunaan botol air mineral sekali pakai yang kerap berakhir di bak sampah.

“Kita harus segera beralih menggunakan botol minuman yang dapat digunakan berkali-kali. Jadi, ASN atau siapa saja setiap keluar rumah dapat mengisi air minum di tumbler tersebut,” ucap Ilham saat ditemui, Senin 3 Februari 2020.

Lanjutnya, ia mengaku pemakaian tumbler sudah diterapkan kepada seluruh pegawai di DLH Konawe.

“Intinya, kita berupaya yang terbaik agar permasalahan sampah di Konawe bisa teratasi, bukan hanya sampah plastik, sampah dedaunan juga begitu,” lanjutnya.

Namun untuk cakupan yang lebih luas, katanya, pihaknya juga telah mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pengurangan pemakaian sampah plastik yang saat ini sementara proses pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe.

“Kita akan kurangi dengan mengolahnya menjadi kompos. Nantinya, kita akan bekerjasama dengan masyarakat kelompok petani untuk dijadikan pupuk sayur mayur di ladangnya,” ujarnya.

Terkini