oleh

Pemkab Konawe Distribusikan Sembako Untuk Warga Terdampak Corona

-KONAWE-15 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili

UNAAHA – Pemerintah Kabupaten Konawe mulai salurkan bantuan sembako untuk warga terdampak corona di tujuh Kelurahan di Kecamatan Unaaha, Selasa 29 September 2020.

Sembako tersebut di salurkan untuk 518 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di tujuh kelurahan di Kecamatan Unaaha. Tujuh kelurahan itu diantaranya, Kelurahan Arombu, Latoma, Tumpas, Ambekairi, Asinua, Puunaaha dan Tobeu.

Tujuh kelurahan tersebut rencananya bakal dilakukan pembatasan sosial berskala kecil atau isolasi wilayah setelah warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya, Pada 15 September 2020 lalu, warga dari ketujuh kelurahan tersebut melayat di pemakaman almarhum DK pasien terkonfirmasi positif di Kelurahan Arombu Kecamatan Unaaha.

Almarhum DK, diduga disemayamkan tanpa standar protokol kesehatan, dimana sebelumnya, Almarhum DK adalah pasien dengan gejala terinfeksi virus, yang di rawat di RS Bahteramas Kendari.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa mengatakan persiapan pemkab Konawe dalam memenuhi kebutuhan warganya di tujuh kelurahan tersebut bakal terpenuhi dengan kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masih stabil.

“Sembako ini merupakan serangkaian bantuan yang diberikan Pemkab Konawe dalam memenuhi kebutuhan warga yang terdampak Corona di tujuh Kelurahan” kata Kery saat menyerahkan bantuan sembako di Kantor Camat Unaaha.

Kery menyebut, anggaran penanganan Covid kabupaten Konawe terbilang aman. Bahkan hingga kini, anggaran penanganan Covid-19 tersebut baru menghabiskan anggaran Rp 3 miliar dari total Rp 106 miliar yang di persiapkan Pemkab Konawe.

“Anggaran Covid aman, Insya Allah dapat memenuhi kebutuhan warga yang terdampak corona,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Sosial, Agus Suyono menjelaskan secara teknis dirinya telah melakukan assasment terhadap ketujuh kelurahan tersebut untuk pendistribusian sembako.

“Skema itu begini, di titik warga yang terkonfirmasi positif, jarak 50 Meter kiri kanan dan muka belakang dan sekitarnya, kami berikan sembako, seperti itu yang kami lakukan di lapangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk penanganan warga yang terdampak Corona tersebut dinsos konawe fokus pada kebutuhan pangan.

Menurutnya, ketika masyarakat di batasi ruang geraknya, maka mereka butuh makan, agar warga tersebut bisa betah dan nyaman, untuk tidak melakukan aktifitas diluar rumah.

“Untuk bantuan yang di salurkan pemkab Konawe berupa beras, ikan kaleng, indomie, susu dan makanan tambahan untuk balita bagi ibu menyusui dan hamil,” tutupnya.

Terkini