oleh

Melalui Program Jaminan Sosial, Bupati Konawe Lindungi Ribuan Masyarakatnya

-FEATURED, KESEHATAN, KONAWE-113 dibaca

UNAAHA – Komitmen Pemerintah Kabupaten Konawe dalam memberikan jaminan dan perlindungan kepada masyarakat melalui BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan setiap tahun semakin meningkat dengan pertumbuhan peserta jaminan sosial di Kabupaten Konawe.

Hal itu diketahui saat digelar Rapat Kerjasama Operasional (KSO) antara Pemkab Konawe dan BPJS Ketenagakerjaan Kendari di Gedung Wekoila, Selasa, 23/1/2018.

Dalam sambutan Bupati Konawe,  Kery Saiful Konggoasa mengatakan, kerjasama itu antara Pemkab Konawe dan BPJS merupakan bagian dari salah satu kesuksesan yang dilakukan pemerintah dalam menjalankan program yang diimplementasikan dalam kurun waktu Lima tahun.

Rapat Kerjasama Operasional Pemkab Konawe bersama BPJS Ketenagakerjaan Kota Kendari. (Foto: IST)

Selama kurun waktu dua tahun terakhir  yakni tahun 2017 dan 2018 mengalami peningkatan dengan presentase peserta jaminan sosial mencapai Puluhan Ribu.

“Dimulai dari tahun 2017 kita telah memberikan jaminan kesehatan melalui Kartu Sehat Konawe (KSK) kepada  27 Ribu warga masyarakat Konawe. Sedangkan pada tahun 2018 ini meningkat menjadi 28 Ribu,” ujarnya.

Selain itu juga,  Kery memaparkan bahwa, melalui program sosial pemerintah Kabupaten Konawe juga memberikan program makanan tambahan kepada Anak Anak Sekolah Dasar (SD) dan palaksanaan program jaminan sosial lainnya.

“Kita juga memberikan program jaminan keselamatan kerja dan asuransi jiwa kepada 3.114 masyarakat, non Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup pemerintah daerah,” tutur Kery.

Suasana Rapat Kerjasama Operasional antara Pemkab Konawe dan BPJS Ketenagakerjaan Kota Kendari di Gedung Wekoila, Selasa 23-1-2018

Sebelum program jaminan sosial itu berjalan,   Kery berharap, agar setiap masyarakat Kabupaten Konawe untuk berpikir mencari uang dan mampu membiayai kebutuhan disaat sakit atau mengalami kecelakaan.

“Namun setelah ada program ini agar setiap masyarakat tidak lagi memikirkan biaya pengobatan atau biaya pemulihan akibat kecelakaan bahkan kematian karena telah dijamin oleh Pemerintah Kabupaten Konawe,” pintanya.

Dengan membagun paradigma baru itu, kata Kery, setiap masyarakat tidak lagi memikirkan konsekuensi dengan biaya atas resiko dalam aktifitas setiap pekerjaan yang dilakukan masyarakat Konawe sehingga mereka dapat beraktifitas dengan tenang.

Redaksi

Terkini