Hadiri Musrenbang Konawe, Fachry Pahlevi Konggoasa Janjikan Bantuan Bibit dan Alsintan

Redaksi

KENDARI – Anggota DPR RI asal Konawe Dapil Sulawesi Tenggara (Sultra) , Fachry Pahlevi Konggoasa menjanjikan sejumlah bantuan dibidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan untuk warga di Kabupaten Konawe.

Hal itu sebagaimana disampaikan Fachry dalam sambutannya saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Konawe, Kamis 13 Maret 2020.

“Dirjen Perkebunan mengalokasikan bantuan untuk Konawe sebesar Rp 4 miliar, untuk pembibitan tanaman kakao dan lada. Ini adalah salah satu komitmen saya sebagai wakil rakyat untuk mengawal kepentingan masyarakat,” kata Fachry.

Anggota DPR RI dari Komisi IV yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan ini juga menjelaskan dirinya diberikan jatah oleh Pemerintah Pusat melalui kementerian berupa benih 1500 hektar.

“Inilah yang nanti akan kita bagi untuk warga masyarakat Konawe, karena saya memang memprioritaskan warga Konawe,” ujar Putra Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa ini.

Ia juga menjelaskan, selain bantuan lunak berupa bibit, warga Konawe juga diprioritaskan mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Bantuan ini diberikan khususnya bagi warga yang belum tercover bantuan di daerah.

Dirinya juga meminta Dinas Pertanian Konaewe untuk mengusulkan program Bengkel Alsintan, untuk menjamin perbaikan alat pertanian yang terkadang hanya produktif dalam penggunaan selama dua tahun.

“Jadi petani-petani di Konawe yang belum tercover di daerah nanti kita akan batu lewat jalur aspirasi anggota DPR RI. Saya juga menjamin bantuan ini gratis, tidak ada uang pelicin dan sebaginya,” tegas Fahcry.

Tidak hanya bantuan dari Kemenetian Pertanian,  Fachry juga menjanjikan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupa 2 juta bibit ikan, yang nantinya akan dibagikan untuk mendukung program 1000 kolam yang diinisiasi Pemda Konawe.

“Ada juga 200 ribu benih ikan, 8 ton pakan ikan dan empat sistem diofron. Untuk bantuan ini saya minta Dinas Pertanian supaya mendata mana warga yang sudah mendapatkan bantuan kolam, supaya kita kasih bantuan benih,” terangnya.

Politisi muda PAN ini meminta agar Dinas Peternakan selaku mitra Komisi IV bisa menggalakan program 1000 sapi untuk mengambangkan produk sapi khas Konawe melalui inseminasi buatan.

“Kita harus mencontoh Aceh, dan Jawa Barat tentang bagaimana mereka menghasilkan produk sapinya sendiri, dengan program inseminasi buatan untuk program 1000 sapi Konawe,” kata Fachry.

Dikesempatan itu, Ia juga meminta camat untuk menghijaukan hutan yang telah ditebang dengan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) untuk merehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di lahan kritis, lahan kosong dan lahan tidak produktif.

“Saya sebagai anggota DPR RI dari Komisi IV akan membantu full dinas yang menjadi mitra seperti pertanian, peternakan dan perikanan untuk mendukung program sejuta beras, 1000 ekor sapi dan 1000 kolam yang gaungnya sudah sampai di Pusat,” ujarnya.

Fahry juga meminta dinas di Pemerintah Kabupaten Konawe yang menjadi mitra Komisi IV agar tetap optimis untuk mewujudkan visi misi Bupati Konawe,Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Gusli Topan Sabara.

“Kita harus tetap optimis, InsyaAllah dengan kerja-kerja nyata kita, bisa kita capai bersama target visi misi itu tentu melalui dukungan bantuan seperti benih, pupuk dan alsintan,” tutupnya.

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total