oleh

Gusli Topan Sabara : Minahasa Tenggara dan Konawe Punya Kemiripan Potensi Daerah

-KONAWE-350 dibaca

Reporter : Hasmar Tombili

UNAAHA – Wakil Bupati ( Wabup) Kabupaten Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan Minahasa Tenggara dan Konawe mempunyai kemiripan potensi daerah di sektor pertanian dan pertambangan.

Kemiripan itu ia temukan dalam diskusi panjang saat Wabup Minahasa Tenggara, Youke Legi menggelar kunjungan kerja di Konawe, Selasa 03 November 2020.

“Insya Allah kedepan kami akan berencana untuk berkunjung ke kabupaten kembaran kami, Minahasa Tenggara,” ucap Gusli Topan Sabara.

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat menerima kuker wabup Minahasa Tenggara

Rencananya, hubungan kedua kabupaten kedepannya dapat saling sharing khususnya di bidang perdagangan seperti hasil bumi ataupun potensi – potensi lainnya.

“Kedepannya nanti kita akan sharing, pasar kita juga akan saling buka, potensi yang ada di Minahasa Tenggara akan masuk ke Konawe, begitu juga sebaliknya. Potensi yang ada di Konawe, bisa kita bawah ke Minahasa Tenggara,” tuturnya.

Sementara itu, Rombongan Pemkab Minahasa Tenggara yang di pimpin lansung Wakil Bupati, Youke Legi beserta jajarannya, menempuh perjalanan melalui darat dengan menggunakan roda empat untuk ke kabupaten Konawe dan tiba di Kabupaten Konawe pada, Selasa 3 November 2020.

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara saat menerima kuker wabup Minahasa Tenggara

Kedatangan Wabup Youke Legi ke Konawe, dalam rangka mengadopsi sistem tekhnologi pertanian di Konawe yang terkenal berhasil sebagai penghasil beras terbesar khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Rencananya, Pemkab Minahasa Tenggara bakal mengaplikasikan tata cara pengelolaan pertanian khususnya beras, di Minahasa Tenggara.

“Di Minahasa Tengggara ada juga pertanian, walaupun memang harus juga kami akui bahwa kabupaten Konawe sangat luas daerah persawahannya. Kami juga masih punya sawah tapi, tekhnologinya yang kami akan adopsi di sini,” terangnya.

Pemda Konawe saat menerima kuker wabup Minahasa Tenggara

Kata dia, antara pemkab Konawe dan Pemkab Minahasa Tenggara, memiliki kemiripan dalam banyak hal, baik itu industri Pertambangan, usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan pariwisata.

“Kami sudah keliling – keliling, pariwisatanya disini sangat menarik, contohnya Pulau Bokori, kami baru saja dari sana kemarin,” tambahnya.

Youke Legi berharap dengan kedatangannya di Konawe silahturahmi dapat terjaga dengan baik sehingga kedepannya Pemkab Konawe juga dapat berkunjung ke Minahasa Tenggara untuk saling sharing dalam berbagai bidang.

Pemda Konawe saat menerima kuker wabup Minahasa Tenggara

Terkini