oleh

Dukung Program Pemugaran Makam Leluhur, Sejumlah Ormas Tolaki Sambangi Wabup Konawe

-KONAWE-402 dibaca

Reporter : Muh. Ardiansyah Rahman

KONAWE – Sejumlah pengurus organisasi masyarakat dan budaya Tolaki menyambangi Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara untuk membahas program pemugaran makam leluhur Tolaki di Konawe.

Untuk merealisasikan program tersebut, pengurus Ormas telah membentuk kepanitiaan bersama dengan tujuan penggalangan dana.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara sendiri menyatakan mendukung langkah tersebut. Menurutnya, dalam program pemugaran makam leluhur semua pihak harus terlibat dalam donasi bersama.

“Teman-teman sudah sepakat untuk membentuk panitian penggalangan dana untuk merepitalisasi makam-makam para leluhur kita ditanah Konawe ini,” kata Gusli Topan Sabara.

Politisi PAN ini menuturkan masih ada 14 makam yang harusnya dipugar di tahun 2020. Namun, akibat adanya wabah pandemi maka pelaksanaan program tersebut terkendala.

“Karna masih ada 14 makam yang harusnya tahun lalu dan tahun ini, tetapi kondisi keuangan kita sehingga teman-teman bergerak semua untuk membentuk kepanitiaan bersama untuk melanjutkan repitalisasi makam para leluhur,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia penggalangan dana Samsidar mengatakan, inisiatif penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian terhadap situs budaya para leluhur.

“Kita ketahui masih banyak yang belum sempat repitasisasi dimana ditahun 2019 baru 7 makam sehingga kami secara bersama-sama melaksanakan kegiatan penggalangan dana ini,” ucapnya. /C

Terkini