Dukung Dua Project Strategi Nasional Pemkab Konawe Usulkan Benahi Jalan Penyangga

Reporter : Hasmar Tombili/Editor: Jafrun

UNAAHA –  Dalam rangka mendukung dua Project  Strategis Nasional (PSN), Pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe usulkan benahi  jalan di wilayah Kabupaten Konawe melalui Dinas PUPR-PKP.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan pembenahan jalan itu,  agar percepatan pertumbuhan yang ada di wilayah sebelah barat Konawe bisa menjadi wilayah poros penyangga dari pada Trans Sulawesi yang berada di sebelah timur yaitu di Konawe Utara dan sebelah barat  Kolaka Utara.

“Mulai dari poros Lantas Kecamatan Unaaha  sampai Kecamatan Routa, nantinya kita akan usulkan melalui Dinas PUPR-PKP untuk jalan dialihkan menjadi poros nasional,” kata Gusli di Kantor Bupati Konawe, Senin 29 Juni 2020.

Lanjutnya, nantinya jalan poros yang dimaksud akan menjadi poros timur barat, tengah dan Utara. Kata dia, jalan poros tersebut akan menjadi penyangga atas kedua Project Starategis Nasional (PSN).

“Kedua PSN itu, pertama pembangunan Bendung Pelosika dan  kedua sebagai  poros industri beras, Morowali, Routa dan Soroako,”pungkasnya.

Dijelaskannya, untuk mendukung PSN tersebut, makanya pemerintah Konawe segera mengambil langkah-langkah untuk segera mungkin melakukan perbaikan jalan dan jembatan Latoma akibat banjir 2019 lalu.

“Hari ini, jalan dan jembatan Latoma kita lakukan perbaikan, sebagai jalan penyangga, untuk mendukung PSN,”jelasnya.

Menurutnya, untuk jalan poros Lantas kecamatan Unaaha sampai kecamatan Routa merupakan jalan Provinsi  yang menghubungkan jalan beberapa kabupaten.

“Kecamatan Routa merupakan wilayah sebelah barat kabupaten Konawe,  yang menghubungkan Kabupaten Kolaka timur, Kolaka, Kolaka Utara dan Konawe Utara,” tutup Gusli. (B)

Iklan dalam Berita Ana Wonua Distributor Oli Total