oleh

Bupati Konawe Lepas Pengiriman 1000 Ton Beras Bulog ke Sulawesi Utara

 

Redaksi.

KONAWE – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa melepas pengiriman beras Bulog sebanyak 1000 ton, untuk pengiriman ke gudang Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Pelepasan dilakukan bupati secara simbolik disaksikan Kepala Bulog Konawe Yusran Yunus, Kadis Pertanian Konawe Syahruddin, Kadis Perindustrian dan perdagangan Konawe Jahiudin, Kadis Ketahanan Pangan Konawe Muhammad Akbar, Kasat Pol PP Konawe Herianto Wahab dan kabag Humas Konawe Sukri Nur.

“Hari ini kita melepasan beras sebanyak 1000 ton, untuk pengiriman ke gudang Bitung yang membutuhkan ketersediaan beras karena kemarin di landa cuaca buruk dan bencana,” kata Kery.

Bupati Konawe dua periode ini mengungkapkan, hasil panen untuk petani di Konawe ini sebanyak 200 ribu ton dan kemampuan Bulog untuk pembelian hasil panen petani kita hanya 18 ribu ton.

“Sisanya itu kita akan bantu Bulog bagaimana pemasarannya. Dan nantinya akan dibuatkan Perbup agar ASN yang ada di Pemkab Konawe dan BUMN mengambil beras berkualitas di Bulog Konawe,” terang Kery.

Untuk menyuplai kebutuhan beras bagi ASN Pemkab Konawe, kata Kery, nantinya Bulog akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan perdagangan Konawe.

“Saat ini peraturan bupati nya sementara di rancang Biro Hukum, dan nantinya Perbup akan jadi acuan pengadaan kebutuhan beras bagi ASN lingkup Pemkab Konawe yang jumlahnya sangat banyak,” jelasnya.

Nantinya lanjut Kery, beras yang akan disuplai untuk memenuhi kebutuhan ASN adalah beras dengan kualitas bagus dari jenis beras mekongga yang berkulitas baik.

“Sebentar saya juga akan memasak beras dari Bulog ini, untuk memastikan kualitas berasnya bagus. Karena ini beras Konawe yah.. orang Konawe juga makan beras Konawe lah,” tutur Kery.

Orang nomor satu di Konawe ini juga mengatakan, dirinya akan menjaga angka pertumbuhan ekonomi Konawe agar tetap bisa lebih tinggi dibandingkan angka nasional.

“Kemarin itu secara nasional, angka pertumbuhan ekonomi kita sangat tinggi berkisar di angka 7,6 dan sekarang dimasa pandemi turun menjadi 6, sekian dan ini kita akan kendalikan semua agar angka pertumbuhan ekonomi kita tetap stabil,
Dan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi kita, kita akan kerja bersama – sama,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata politisi PAN ini, dirinya mendorong agar dana desa dapat digunakan untuk mengembangkan pergerakan ekonomi masyarakat didesanya.

“Bila ini terlaksana dengan baik otomatis dapat membantu kita sebagai pemerintah dalam mengendalikan angka pertumbuhan ekonomo kabupaten Konawe,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kabulog Konawe Yusran Yunus menyampaikan, pembelian gabah pemerintah yaitu 4200/Kg dan ada standar kualitas yang harus dipenuhi.

Tahun 2021, lanjut Yusran, Bulog Konawe mengirim kurang lebih 6500 ton lintas kabupaten di Sultra. Tahun ini karena produksi meningkat jadi Bulog Konawe bisa mengirim untuk keluar provinsi.

“Dalam penyaluran beras Bulog ini kita dibantu Pemda konawe, salah- satunya untuk penyaluran beras untuk memenuhi kebutuhan ASN Pemda Konawe dan ke perusahaan tambang,” tegas Yusran. /ADV

Terkini