BLT DD di 31 Desa Konawe Mulai Disalurkan

Reporter: Hasmar Tombili / Editor: La Ode Adnan Irham

UNAAHA – Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) dari Kementerian Desa mulai disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Konawe kepada 31 Desa.

Pembayaran BLT itu sendiri ditandai penyerahan secara simbolis Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada perwakilan kepala desa, Selasa 19 Mei 2020 di kantor Badan Pemerintah Masyarakat Desa (BPMD).

Bupati Kery dalam sambutan meminta para kepala desa menyalurkan BLT DD tepat sasaran. Mengingat banyaknya bantuan pemerintah dalam menghadapi pandemi covid-19.

“Jangan tumpang tindih, agar betul-betul BLT DD itu disalurkan kepada penerima yang seharusnya,” kata Kery singkat.

Sementara itu, Kepala Badan Pemerintah Masyarakat Desa, Kenny Permana mengatakan telah menginstruksikan kepala desa agar penerima BLT DD dari kementerian desa dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari kementerian sosial agar dipampang di tempat yang mudah diakses masyarakat.

“Agar transparan, semua bisa mengawasi BLT DD dan Kemensos kepada yang benar-benar berhak menerima,” ujar Kenny.

Kenny juga memaparkan untuk tahap awal sebanyak 31 desa yang telah dibayarkan dari 291 desa yang telah melaksanakan verifikasi APBDes. Selanjutnya 43 desa telah diusulkan ke KPPN.

Dia menambahkan tujuan pemerintah pusat dalam memberikan bantuan ini sejatinya untuk menumbuhkan atau meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi.

Kenny meminta masyarakat membelanjakan uang itu di daerah sendiri agar ada perputaran ekonomi. Agar pula transaksi ekonomi tidak keluar dari Kabupaten Konawe.

“Dari hasil rapat dengan pak Kajari, jangan ada data double dalam pemberian bantuan,” tutup Kenny.

Dalam penyerahan pembayaran BLT DD secara simbolis itu, Bupati Konawe di dampingi Kasat Pol PP Heriyanto Wahab, Kepala BPMD Kenny Permana dan Kabag Humas Konawe Sukri Nur. (B)

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda